Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, menetapan harga,
promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.
Konsep inti pemasaran
1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
• Kebutuhan ( needs ) adalah Sesuatu yang sangat penting dan diperlukan bagi individu.
Kebutuhan ini jika tidak dipernuhi maka individu akan merasa tidak sejahtera. Dapat
dikatakan kebutuhan adalah sesuatu hal yang harus ada.
• Keinginan ( wants ) adalah Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian
individu.Kebutuhan ini jika tidak dipenuhi, tidak akan menganggu kehidupan individu.
Tetapi individu tetap mengharapkan adanya kebutuhan tambahan ini. Karena dengan
terpenuhinya keinginan ini, individu akan merasa puas.
• Permintaan ( Demands) adalah Sesuatu yang lahir dari keinginan individu yang
didukung dengan adanya kemampuan daya beli. Dari sini, perusahaan harus mampu
memperkirakan berapa konsumen yang benar-benar mau dan mampu untuk membeli
produknya.
Contoh : Seseorang membutuhkan pakaian sebagai kebutuhan primernya. Ia
berkeinginan untuk membeli baju bermerk Polo. Keinginan ini muncul dari adanya
berbagai pilihan, dimana ada beberapa penyebab ia memilih merk tersebut ( selera,
prestige, kualitas,dll). Dari keinginan ini, akan terjadi permintaan jika ia mempunyai
kemampuan untuk membeli baju tersebut.
2. Produk
Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar guna memenuhi kebutuhan dan keinginan
individu. Produk yang ditawarkan dapat berupa barang dan jasa. Jasa merupakan produk
yang tidak memiliki bentuk, yang ditawarkan ke pasar adalah sebuah aktivitas.
3.. Nilai, Kepuasan, dan Kualitas
• Nilai adalah selisih antara manfaat yang diperoleh dari memiliki/menggunakan
produk dan biaya untuk memperoleh produk/jasa tersebut.
• Kepuasan adalah tingkat anggapan kinerja produk akan sesuai dengan harapan
konsumen.
• Kualitas adalah sifat dan karakteristik total produk/jasa sehubungan dengan
kemampuannya memuaskan kebutuhan konsumen.
4. Pertukaran, Transaksi, dan Relasional
- Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan
menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
- Transaksi adalah aktivitas jual beli yang dilakukan oleh dua pihak.
- Relasional adalah aktivitas mengubah consumen menjadi customer
Adalah tempat bertemunya 2 pihak ( pembeli dan penjual ) yang melakukan aktivitas jual
beli.
Makasih blog nya, sangat membantu buat kami para fakir ilmu :)
BalasHapus