Senin, 12 September 2011

Core Concept of Marketing

Core Concept of Marketing

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, menetapan harga,

promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang

memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.


Konsep inti pemasaran

1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan

• Kebutuhan ( needs ) adalah Sesuatu yang sangat penting dan diperlukan bagi individu.

Kebutuhan ini jika tidak dipernuhi maka individu akan merasa tidak sejahtera. Dapat

dikatakan kebutuhan adalah sesuatu hal yang harus ada.

Keinginan ( wants ) adalah Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian

individu.Kebutuhan ini jika tidak dipenuhi, tidak akan menganggu kehidupan individu.

Tetapi individu tetap mengharapkan adanya kebutuhan tambahan ini. Karena dengan

terpenuhinya keinginan ini, individu akan merasa puas.

Permintaan ( Demands) adalah Sesuatu yang lahir dari keinginan individu yang

didukung dengan adanya kemampuan daya beli. Dari sini, perusahaan harus mampu

memperkirakan berapa konsumen yang benar-benar mau dan mampu untuk membeli

produknya.

Contoh : Seseorang membutuhkan pakaian sebagai kebutuhan primernya. Ia

berkeinginan untuk membeli baju bermerk Polo. Keinginan ini muncul dari adanya

berbagai pilihan, dimana ada beberapa penyebab ia memilih merk tersebut ( selera,

prestige, kualitas,dll). Dari keinginan ini, akan terjadi permintaan jika ia mempunyai

kemampuan untuk membeli baju tersebut.


2. Produk

Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar guna memenuhi kebutuhan dan keinginan

individu. Produk yang ditawarkan dapat berupa barang dan jasa. Jasa merupakan produk

yang tidak memiliki bentuk, yang ditawarkan ke pasar adalah sebuah aktivitas.

3.. Nilai, Kepuasan, dan Kualitas

• Nilai adalah selisih antara manfaat yang diperoleh dari memiliki/menggunakan

produk dan biaya untuk memperoleh produk/jasa tersebut.

• Kepuasan adalah tingkat anggapan kinerja produk akan sesuai dengan harapan

konsumen.

• Kualitas adalah sifat dan karakteristik total produk/jasa sehubungan dengan

kemampuannya memuaskan kebutuhan konsumen.


4. Pertukaran, Transaksi, dan Relasional

  • Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan

menawarkan sesuatu sebagai gantinya.

  • Transaksi adalah aktivitas jual beli yang dilakukan oleh dua pihak.

  • Relasional adalah aktivitas mengubah consumen menjadi customer
5. Pasar ( market )

Adalah tempat bertemunya 2 pihak ( pembeli dan penjual ) yang melakukan aktivitas jual

beli.

1 komentar:

  1. Makasih blog nya, sangat membantu buat kami para fakir ilmu :)

    BalasHapus